Kamis, 11 April 2013

Memahami ISO



Secara umum ISO adalah ukuran tingkatan kepekaan sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi setingan ISO kita maka semakin sensitif sensor terhadap cahaya jadi gambar makin terang. Untuk mendapat gambaran yang lebih jelas tentang ISO, coba bayangkan mengenai komunitas semut. Sebuah ISO adalah sebuah lebah pekerja. Jika kita seting ISO misalnya di 200, artinya saya memiliki 200 semut untuk bekerja. Kalau kamera kita diseting pada ISO 400 maka saya memiliki sebanyak 400 semut pekerja.

Tugas dari setiap semut adalah mengambil cahaya yang masuk dari lensa dan menjadikannya gambra. Jika saya mengambil gambar dengan setingan ISO 200 berarti saya punya 200 semut untuk bekerja, sedangkan teman saya menggunakan setingan ISO di 400 maka dia memiliki 400 semut untuk bekerja. Jadi sudah terbayangkan yang mana lebih dulu selesainya?

Secara garis besar, disaat kita menaikan ISO misalnya dari 100 ke 200 dalam aperture yang sama, kita mempersingkat waktu untuk pembuatan foto hingga separuhnya. Dari shutter speed 1/125 ke 1/250 detik, saat kita menaikan ISO ke 400, kita memangkas pembuatan foto hingga separuhnya lagi 1/500 detik. Setiap kali kita mempersingkat waktu eksposur sebanyak separuh kita namakan menaikan eksposur sebanyak 1stop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar